Kenali Gunung Guntur

Bismillah Assalamu Alaikum

Kalau anda Pencinta Alam suka naik gunung, maka anda perlu memperluas pengetahuan anda tentang gunung-gunung di Indonesia, salah satu gunung yang perlu anda ketahui adalah gunung guntur. 

Gunung Guntur. adalah gunung yang berada di wilayah Kabupaten Garut Jawa Barat, tepatnya berada di Kampung Dukuh, Desa Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler. Gunung ini memang cocok untuk aneka kegiatan petualangan, termasuk pendakian gunung ataupun juga sekedar berkemah.






Gunung Guntur yang merupakan gunung yang masih aktif dengan aktivitas vulkanik ini memiliki ketinggian 2.000 mdpl dan memiliki satu kawah yang terdapat di salah satu puncaknya. Gunung Guntur memiliki karakter bentang alam yang unik yaitu memiliki tiga bukit pada puncaknya, yang masing - masing bukitnya memiliki ketinggian 1000 m ( dari kaki gunung ), 1200 m, dan 1300 m pada puncak paling tinggi.

Selain itu, Gunung ini memiliki daya tarik yang berupa medan gunung yang menantang, lembah, air terjun, sungai, panorama alam dan kawah. Dan berikut ini tentang Gunung Guntur:

Puncak Pertama 
Puncak pertama ini berada sebelum bibir kawah Gunung Guntur dan bisa dijadikan alternatif untuk mendirikan tenda. Pastikan tenda terpasang dengan kuat karena di musim kemarau di malam hari anginnya bertiup sangat kencang. Di puncak pertama ada sebongkah batu besar yang bisa dijadikan tempat untuk melihat pemandangan sekitar dengan berdiri diatas batu besar tersebut.

Kawah Gunung Guntur
Berada disebelah kiri puncak pertama. Apabila menghadap ke selatan maka kawah akan terlihat berhadapan dengan Gunung Cikuray yang terlihat menjulang tinggi dari puncak pertama ini. Kawah Gunung Guntur ini merupakan kawah bekas letusan dengan lubang yang cukup luas yang dipinggirnya ditumbuhi beberapa Pohon Cantigi.

Padang Savana
Hamparan ilalang berwarna kuning tua yang sangat luas dan apa bila beruntung bisa melihat ilalang berwarna jingga.

www.belantaraindonesia.org

Puncak Kedua
Pemandangan berupa vegetasi tumbuhan berupa padang savana, menarik, jenis tanaman lain seperti pohon Cantigi juga akan Anda temui di sepanjang jalur menuju Puncak utama Gunung Guntur. Pohon Cantigi tumbuh terbatas turut menambah pesonanya Gunung Guntur. Gunung - gunung berhutan rimbun di sisi Gunung Guntur yang dibatasi lembah terlihat jelas. Lubang - lubang kawah tanah menganga serta beberapa kepulan asap kecil juga akan terlihat sepanjang perjalanan menuju Puncak utama Gunung Guntur.

Puncak Tertinggi
Puncak Gunung Guntur cukup datar dan memiliki luas 2 kali lapanganVoli. Di sebelah barat terlihat jelas situ atau danau Bagendit, pemukiman penduduk kota Garut, deretan gunung gunung lainnya. Sebelah selatan Gunung Cikuray yang menjulang tinggi, kepulan asap di kawah Gunung Papandayan, kepulan asap kawah Kamojang dan Darajat, pemukiman penduduk Kecamatan Bayongbong, Cisurupan dan Samarang dan yang terakhir Gunung Putri

Sebelah timur terlihat menjulang puncak kembaran Gunung Guntur yaitu puncak Gunung Masigit dan Gunung Parupuyan. Di sebelah utara jajaran gunung berpohon Rimbun. 

Bagaimana menarik untuk di jelajahi bukan ayo segera kesana bro
Lebih baru Lebih lama