Cara Memakai Sandal Sesuai Sunnah

Cara Memakai Sandal Sesuai Sunnah

Bismillah Assalamu Alaikum



SANDAL
Alas kaki adalah suatu benda yang sudah umum dan menjadi kebutuhan untuk sekarang ini. Ada yang namanya sandal, sepatu, sepatu sandal, yang jelas semuanya adalah Alas kaki.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah mencontohkan bagaimana adab kita dalam menggunakan alas kaki.
Hadits dari 'Ali radhiyallāhu Ta'ālā 'anhu,
َوَعَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
إِذَا اِنْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِالْيَمِينِ, وَإِذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بِالشِّمَالِ, وَلْتَكُنْ اَلْيُمْنَى أَوَّلَهُمَا تُنْعَلُ, وَآخِرَهُمَا تُنْزَعُ
Beliau berkata: Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda, 'Jika salah seorang dari kalian menggunakan sandal maka dia mulailah dengan menggunakan sandal bagian kanan, jika dia melepaskan sandalnya maka hendaknya dia mulai dengan melepaskan sandal yang kiri. Maka jadikanlah yang kanan yang pertama kali dipakai dan jadikanlah yang kanan pula yang terakhir dilepas' (Muttafaqun Alaihi). Hadits ini adalah hadits yang shahih, diriwayatkan oleh Imam Muslim dan yang lainnya, diriwayatkan juga oleh Imam Malik dan Abu Daud.
Nah Ikhwah Fillah, untuk memakai sandal atau alas kaki rata" kita sudah mengamalkan Sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Akan tetapi pada saat melepas terkadang kita, Afwan Ana maksudnya masih asal tidak memperhatikan kiri atau kanan.
INGAT :
PAKAI = KANAN
LEPAS = KIRI

Pahami, Amalkan dan Sebarkan,
Insyaallah akan menjadi ladang pahala buat kita.
Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَحْيَا سُنَّةً مِنْ سُنَّتِى فَعَمِلَ بِهَا النَّاسُ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا لاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا
“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“HR Ibnu Majah (no. 209)
Ya Allah, wafatkanlah kami di atas agama Islam dan di atas sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
#pecinta sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top