Tuesday, 3 October 2017

*Arwah Nenek Moyang*

Bismillah Assalamu Alaikum



Nenek moyang kita yang sudah wafat, mereka berada di alam kubur dan tidak bisa memberikan manfaat atau bahaya terhadap orang yang masih hidup.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

*_"Ketika seorang insan mati, terputuslah amalnya kecuali tiga: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya"_* (HR. Muslim).

Dan dalil-dalil menunjukkan bahwa di alam kubur seorang akan mendapat nikmat atau adzab kubur hingga hari kiamat. Jadi ngga bisa jalan-jalan keluyuran kesana-kemari.

Makanya kata Rasulullah shollallohu alaihi wa sallam :

إن القبر أول منازل الآخرة فمن نجا منه فما بعده أيسر منه ، ومن لم ينج منه فما بعده أشد منه

*_"Alam kubur adalah awal perjalanan akhirat, barang siapa yang berhasil di alam kubur, maka setelahnya lebih mudah. Barang siapa yang tidak berhasil, maka setelahnya lebih berat"_* (HR. Tirmidzi, hadits hasan).

Andaikan di alam kubur itu bisa bebas jalan-jalan, memantau anak-cucu kita, membantu keluarga dan anak keturunan kita, tidak ada beban apa-apa, mungkin kita semua inginnya mati saja.

Mereka juga tidak bisa menerima sesajen anda, kiriman bunga melati, menyan dan ayam ingkung anda. Layanan jasa ekspedisi ngga sampai ke alam kubur. Hanya amal jariyah, pahala dari ilmu yang bermanfaat yang pernah mereka sebarkan dan doa anak-anak mereka yang shalih yang ditransfer untuk menambah rekening pahala mereka.

So, mari berpikir cerdas. Nenek moyang yang sudah wafat, mari kita doakan mereka agar mereka diampuni dosa-dosanya. Bukan kita berdoa kepada mereka atau meminta tolong kepada mereka. Mintalah pertolongan kepada Allah Ta'ala !
•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•

Share: