Thursday, 5 October 2017

Bolehkah Wanita Memposting Foto Lama di Sosial Media ?

Bismillah Assalamu Alaikum


Pertanyaan :
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
Apa ada yg punya informasi seputar hadist/tulisan mengenai tidak bolehnya kita posting foto lama (atau sebelum berhijab/berkerudung)?
Terima kasih..
(Dari Hamba Alloh Anggota Grup WA Bimbingan Islam T04-39)
Jawaban :
وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

Foto lama atau foto baru, selama yang difoto adalah wanita baligh, maka HARAM menampakkan bagian manapun yang termasuk aurat. Memposting foto di sosmed lebih besar lagi dosanya, karena yang terfitnah dengan foto tersebut tidak bisa dibatasi jumlahnya dan fitnahnya terjadi berulang kali setiap ada lelaki ajnabi yg membuka akun wanita yang bersangkutan. Apalagi bisa dipastikan tidak ada alasan syar’i untuk itu, maka jelaslah ini merupakan perbuatan yg haram dari banyak sisi.
Di sisi lain, masa lalu yang buruk (seperti tidak berhijab) mestinya disembunyikan, bukan dibongkar. Saya khawatir orang seperti ini akan terkena sabda Nabi berikut:

كُلُّ أُمَّتِي مُعَافًى، إِلاَّ الْمُجَاهِرينَ وَإِنَّ مِنَ الْمَجَاهرةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِاللَّيْلِ عَمَلاً، ثُمَّ يُصْبِحُ، وَقَدْ سَتَرَهُ اللهُ، فَيَقُولُ: يَا فُلاَنُ عَمِلْتُ الْبَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ، وَيُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللهِ عَنْهُ

Setiap umatku akan dimaafkan, kecuali yang terang-terangan. Salah satu bentuk terang-terangan tadi ialah ketika seseorang berbuat dosa di malam hari lalu Allah menutupinya semalaman, namun keesokan harinya ia malah bercerita kpd temannya, “Hai Fulan, tadi malam aku berbuat ini dan itu!”. l Allah telah menutupinya semalaman, namun keesokannya ia justru membongkar tutupan Allah. (Muttafaq Alaih).
Allohu A’lam
___________________________
Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Dr. Sufyan bin Fuad Baswedan, MA

Share: