Membaca Al-Quran 1 Jam 1 Juz

Bismillah Assalamu Alaikum




Di antaranya tahapan dalam menghafal Al-Quran adalah memperbaiki tilawah terlebih dulu. Mari perbaiki kualitas tilawah Al-Quran kita, setelah itu baru kita mulai menghafal. Jangan bebani diri kita dan orang lain untuk menghafal Al-Quran bila tilawah Al-Quran kita masih jauh dari ideal.

Bagi yang belum baik tilawahnya, sisihkan waktu terbaik untuk belajar tahsin Al-Quran. Bagi yang sudah baik, silakan mulai menghafal dengan didampingi seorang guru yang kompeten. Tahsinuttilawah muqaddamun ‘alal hifzhi, memperbaiki tilawah harus didahulukan daripada menghafal.

Mushaf Al-Quran terdiri dari 300 lembar atau 600 halaman lebih sedikit. Itu berarti rata-rata 1 juz itu hanya 10 lembar atau 20 halaman.

Bagi kita yang sudah lancar membaca Al-Quran, untuk menyelesaikan 1 juz hanya membutuhkan waktu 1 jam. Artinya, bila kita sangat sibuk, bisa dibagi dalam 4 tahapan, 15 menit untuk 5 halaman atau kalau mengacu kepada shalat lima waktu, kita bisa membaginya menjadi 5 bagian, yaitu sebelum dan setelah shalat fardhu masing-masing 4 halaman atau 2 lembar. Jadi, setelah shalat Isya kita sudah dapat menyelesaikan 20 halaman atau 1 juz penuh. Makanya, dengan banyak membaca sebelum kita menghafal, kemudahan dalam menghafal akan dapat kita rasakan. Nah, mudahkan caranya? Silakan coba! Semoga kita bisa istiqamah.

Ini rumusnya : 1 juz = 10 lembar = 20 halaman

1 lbr = 2 hal sebelum subuh + 1 lbr = 2 hal sesudah subuh

1 lbr = 2 hal sebelum zhuhur + 1 lbr = 2 hal sesudah zhuhur

1 lbr = 2 hal sebelum asar + 1 lbr = 2 hal sesudah asar

1 lbr = 2 hal sebelum maghrib + 1 lbr = 2 hal sesudah maghrib

1 lbr = 2 hal sebelum isya + 1 lbr = 2 hal sesudah isya
Previous
Next Post »