Cewek Favorit atau CEwek Terlaknat?


Bismillah Assalamu Alaikum

Written by Andita SB  


Cewek favorit, begitu judul artikel di sebuah majalah remaja ibukota. Isinya, laporan tentang remaja yang banyak disenangi laki-laki di sekolahnya. Cirinya sama, cantik, modis, dan biasa berlengggak-lenggok di atas catwalk.

Pembahasannya pun tak jauh dari seputar perawatan tubuh, perlengkapan mandi, tipe cowok yang disenangi, dan syarat yang harus dimiliki seorang cowok untuk mendekati mereka. Dengan semua itu, mereka baru layak disebut cewek favorit dan remaja masa kini.

Data Lain

Jika standar yang menjadi acuan untuk menjelaskan seorang wanita masa kini adalah umbar kecantikan, kebolehan dalam memamerkan aurat, dan kecanggihan dalam berinteraksi dengan lawan jenis, maka tak aneh jika Deputi Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi, Kantor BKKBN Pusat, dr. Siswanto Agus Wilopo, seperti dikutip Republika beberapa tahun yang lalu , mengatakan bahwa saat ini ada sekitar satu miliar penduduk usia remaja memasuki perilaku reproduksi dan seksual yang dapat membahayakan dan mengancam kehidupannya.

“Ada 15 juta perempuan remaja melahirkan anak, sebagian sudah melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Sekitar 42 juta penduduk saat ini menderita HIV/AIDS dan hampir separuh dari mereka mengidap penyakitr tersebut saat masih remaja,” ungkap Siswanto seperti dikutip Republika.

Berbagai data pun menunjukkan, remaja saat ini sudah nekad dan tak berpikiran panjang. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa sudah banyak remaja yang melakukan hubungan seksual sebelum usia 19 tahun. Misalnya, survey di 12 kota dan di kota Medan beberapa tahun lalu menunjukkan perkiraan angka sekitar 5,5 - 11 %. Sedangkan remaja usia 15 - 24 tahun adalah 14,7 – 30 %.

Bayangkan jika penduduk usia remaja di Indonesia berjumlah 42,5 % (sensus tahun 2000), terdapat 10 % dari mereka yang menyatakan dirinya aktif secara seksual. Maka ada sekitar 4,3 juta remaja yang menghadapi berbagai resiko kesehatan reproduksi. Bayangkan, 4,3 juta remaja Indonesia berperilaku semacam ini. Ini pun baru 10 % dari remaja. Bagaimana bila 40 - 50 % yang melakukannya. Berarti sekitar 20 juta remaja, 10 % dari jumlah penduduk Indonesia.

Lebih ironis lagi bila kita melihat data WHO yang menyebutkan, setiap tahun ada sektiar 500 ribu perempuan meninggal dunia karena melahirkan dan lebih dari 65 ribu diantaranya adalah remaja perempuan yang meninggal karena aborsi. Inikah yang namanya cewek masa kini atau cewek favorit?


Wanita dalam Islam

Padahal Islam menempatkan wanita muslimah dalam kedudukan yang sangat tinggi. Ia mempunyai pengaruh yang besar di dalam kehidupan setiap muslim. Wanita adalah sekolah pertama dalam membangun masyarakat yang shalih jika ia berjalan sesuai petunjuk al-Qur’an dan as-Sunnah. Lihatlah bagaimana al-Qur’an memuat banyak ayat yang menunjukkan betapa penting peran kaum wanita, baik sebagai ibu, istri, saudara, maupun sebagai anak.

Islam sangat memuliakan wanita. Diperintahkannya para wanita untuk menggunakan hijab agar mereka tidak diganggu, Allah mengatakan dalam surat al-Ahzab ayat 59, “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Seorang wanita muslimah tak akan membiarkan tubuhnya di santap mata liar laki-laki yang bukan suaminya. Ia akan menjaga harga diri dan kemuliaannya dengan menggunakan hijab sebagaimana yang Allah subhanahu wa ta’ala perintahkan. Allah lah yang lebih tahu hal yang terbaik untuknya.

Wanita-wanita yang taat kepada segala putusan dari Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul-Nya, “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguhlah Dia telah sesat, sesat yang nyata.” (QS. al-Ahzab : 36)

Jadi, mana yang layak menyandang gelar cewek favorit?

Previous
Next Post »